buat yang perlu buat baca Mangle hehe. Atau Kamus Inggris-Indonesia. [thanks to tw]
| | Comments (121)

121 Comments

t.w. said:

sebenernya tiwi nemuin pas lagi blogwalking ke http://www.aaqq.net :D
thx to qq, then.

maman said:

hareudang euih...

ela said:

apa arti teu inggis bela pati,manuk dadali gandung siloka,tolong ya...

lucky said:

minta tolong dong artiin
ini temen gw ngasih comment
tapi gw ga ngerti artinya..
Bujur Kored Rangsak!
sry, tp emg bnr2 gw pgn nanya

ainu said:

minta tolong, bahasa Sundanya "banyak" apa ya?

ogud said:


arti "teu inggis bela pati,manuk dadali gandung siloka",tolong ya...

January 30, 2008 10:01 AM

cek ogud mah:
"Tak ragu membela habis habisan;
burung garuda mengandung makna.."

salam,

DAniel said:

Museum Perjuangan Bogor di dirikan tahun 1957, menyimpan bermacam-macam benda-benda dari senapan yang di pergunakan oleh pejuang, maupun senapan rampasan dari Jepang dan Inggris serta dilengkapi dengan diorama yang menggambarkan pertemuan di daerah Bogor dan sekitarnya.
Museum ini di buka untuk umum dari jam 08.00 sampai jam 14.00 WIB, museum ini sangat mudah dijangkau dengan kendaraan umum. tolong di terjemahkan dalam bahasa Sunda, trims

dewi said:

mau tanya aja kalo kabiruyungan itu artinya apa ?

Lucky Hermawan said:

Salam kenal,

kalau ada yang punya info ttng software kamus bhs sunda-indonesia dan indonesia-bhs sunda, silahkan share ke saya.. thanks ya

sunte said:

punten abdi teh urang sunda tapi pami kedah ngahartoskeun salagu (lagu agnes monica - matahariku) saha atuh anu kersa ngabantosan? abdi rada lali kana bahasa sunda anu lemes tur sopan, margi ieu lagu teh pinalangsaeun, kedah dihartoskeun ku bahasa anu ngalengis. diantos di email sim kuring. sunda jaya. hatur nuhun.

siska dewi said:

tolong cariin bahasa sundanya tips donk

Silvia said:

Tolong arti kan lagu MAnuk Dadali seluruhnya ya!!!!

Imma said:

Assalamu'alaikum..
Ima mnta tolOng dunk..
Artinya "abdi bogho ka' anjdenabdi b0Gh0 ka' AnjdEn" en2 apAh yeu?? CoalnyA adA tmen ima yg ngrim kta i2..

Tya_geULiz said:

abdi bOgOh ka anjeUn tU arti'na "aQ ciNta ma kmU..."

mey said:

bahasa sunda nya yang susah apa

nink said:

Ass wr. wb
temenku suka ngomong kuntring (bahasa sunda).......

artinya apa ya?

jihan said:

artiin ni dong!
"goreng patut"
pa y arti kata2 tu?

jazmine said:

abdi bogo ka anjeun artinya:
aku cinta kamu

klo goreng patut:
gak tampan...

diksen said:

Kaceluk ka awun awun kawentar ka janapria, kakoncara ka mancanagara

fie said:

arti lagu manuk dadali ?

nilai sudut pandang dan latar belakang

anak tk said:

tolong terjemahin
selamat siang teman teman
dan samapi jumpa teman teman

pepe said:

pang artiin lagu manuk dadali sama maksudnya yia??
bwt tugas
mksi

fatinsalazmi said:

bisa ngak terjemahin lagu "bunga citra lestari - tak mau sendiri" dalam bahasa sunda?

putri said:

pengen nanya nih bhs cundanya "nasi" apaan ya??

putri said:

tlg dunk yg lagi online..(khusus yg bs bhs sunda) artinya nasi apa?? aq btuh bgt nih..

Ranran said:

Bhs sunda nya nasi=sangu

Deden said:

Punten. Abdi bde naroskn. Ay nu trang kta2 mutiara brtema cinta dlm b.Sunda??
Htur nhun pisan umpmi ay nu tiasa ngbntos abdi.

nita said:

ari arina AJAG teh naon nya ?

amel said:


Naon hartosna: PARERANG?

kkiiaa said:

tollong terjemahhiiinn dong kiiaa ribbet niii

"Pada saat liburan dalam rangka idul fitri, kami mengunjungi tempat museum perjuangan bogor. Museum perjuangan bogor terletak di jalan merdeka no:56. pada saat masuk ke dalam museum, benda-benda yang ada di museum sudah terpajang di dalam kaca. Namun tidak banyak orang yang mengunjugi museum perjuangan tersebut.
Padahal di dalam museum banyak benda-benda bersejarah yang belum kita ketahui, misalnya di bogor mempunyai bendera pusaka asli yang kini warnanya mulai pudar, ada pun juga koin-koin jaman belanda dan jaman jepang yang di rebut oleh pahlawan kita dulu. Di sana pun terdapat pakaian almarhum kapten muslihat, dan juga diorama pertempuran kapten muslihat, yang kini disebut taman topi. Ada pun juga peralatan tempur dan seragamnya yang terpajang di museum, serta ada Koran jaman dulu yang masih memakai bahasa sansekerta, dan masih banyak lagi yang tidak dapat di sebutkan oleh kami. Di museum perjuangan terdapat kurang lebih 100 macam benda-benda yang bersejarah. Lalu di kota bogor mempunyai lima museum diantaranya, museum Perjuangan bogor, museum Zologi, museum Botani, museum PETA (Pembela tanah air), dan museum Bawah tanah. Namun, walaupun di bogor mempunyai lima museum tidak adanya tingkat kesadaran penduduk kota bogor mengenai rasa bangga dan terima kasih kepada pahlawan kita dulu. Tetapi kami pun masih merasa sedih, karena museum yang kami kunjungi tidak banyak orang yang mengunjungi museum. Padahal di museum tersebut dapat menambah pengetahuan kita tentang sejarah yang ada di sekitar Indonesia. serta juga memberikan semangat atau pemicu agar anak-anak Indonesia mempunyai kreatifitas dalam pembelajaran.
Demikianlah laporan dari kami. Mohon maaf apabila masih ada kesalahan dalam pengetikan maupun dalam laporan, tetapi mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semuanya.
Wabillahi taufik wal hidayah wassallamualikum wr.wb."

okok thhxx

andientea said:

akang-akang euceu-euceu nyungkeun bahasa sunda buhun abdi urang sunda tapi aya di sumatera

andientea said:

ari artina hot dog bahasa sunda teh bala-bala panas sanes

dian said:

saya boleh minta database kamus bahasa sunda dan bahasa inggris g? buat database TA nich?
udah searching tpi g ktm..
terima kasih :)

dian said:

mas boleh minta database bahasa sunda nya ngga???
butuh buat TA, mo bikin kamus multi bahasa euy...
terima kasih :)

upik said:

tolong terjemahin bahasa sunda nya
selamat malam
mudah2an di lain waktu kita dapat bertemu lagi n hati2 selalu di sana

chandri said:

bikinin karangan dln bhsa sunda yg temanya bahaya narkoba dun!!!!!
plisss

dedi said:

Assalamu'alaikum
mau tanya nih, panggilan 'ceu' itu artinya apa sih?
thanks.

hindra said:

Klo arti bahasa indonesianya cenen apa yah??

agien said:

mau nanya....

kalo "nyeupah" = makan daun sirih kan...

tapi kata padanan bahasa indonesia nya apa ya...?

Jibral said:

Boleh gak aku jd kekasih kamu,krn aku syg bngt ama kamu?bhs snda pa?

Hanna said:

yg benerr Kamuss Bahasa sunda Coyyy

BANTU !!!!

cece said:

punteun pami "peupeujeuh" hartosna naon

cece said:

punteun pami "peupeujeuh" hartosna naon?

dadang h. padmadiredja said:

Alhamdulillah, hatur nuhun ah. tanjeurkeun basa Sunda mugia tiasa ngalanglang buana ngeusian sela-sela kosong dina sanubari saban jalma.Pan basa Sunda mah basa rasa sanés

adhe said:

artinya apa y akang: Teu kEdaH g'aNtoS aNu tEu aCan pUgUh,,sOk aYeuNamAh,,akAng d aJar siNg GetOl jEung g'aduA ka nU maHa agUng..hehe

adhe said:

artinya apa y akang: Teu kEdaH g'aNtoS aNu tEu aCan pUgUh,,sOk aYeuNamAh,,akAng d aJar siNg GetOl jEung g'aduA ka nU maHa agUng..hehe

wilda said:

wilujeng tepang sareng abdi hapunten abdi bade naros upami hartosna

"rempug jukung pamuda indonesia,
tingkahna waspada,ariatna,
kukuh pengkuh kuat nahan cocoba,
lemah cai merdekana abadi,
urang kabeh pada kagiliran,
teguh nempuh perjoangan ra'yat indonesia,
ngajungjung darajat bangsa"

hartosna naonnya ? mun tiasa mah kana b.sunda nu biasa wenya htr thank you sateuacana

ican said:

gimana sih cara buka nya??????????????????????

lena said:

Fren,artinya sibanyo apa?

dini novita sari said:

PERINGATAN ISRA MI`RAJ


Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Wr. Wb Yang terhormat : Bapak Ketua dan Anggota DPRD Kota Tarakan atau yang mewakili Unsur Muspida Kota Tarakan atau yang mewakili Ketua MUI Kota Tarakan atau yang mewakili Keluarga besar Kerukunan Pedangang Pasar Hadirin yang Kaum muslimin dan muslimat yang dirahmati Allah, Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas segala limpahan rakhmat, nikmat dan hidayahNya kepada kita sekalian, sehingga kita dapat bersama-sama berkumpul ditempat yang mulia ini dalam rangka memperingati Isra Mi`raj Nabi Muhammad SAW. Shalawat dan salam marilah senatiasa kita haturkan kejunjungan kita Rasulullah SAW serta sahabat dan keluarga-Nya, semoga kita umat Islam akan selalu mendapatkan petunjuk dari-Nya. Hadirin dan hadirat yang berbahagia, Setiap memperingati peristiwa Isra Mi’raj, kita diharapkan dapat memetik butir-butir hikmah tertentu sesuai dengan kondisi yang kita hadapi, karena memang sesungguhnya peristiwa ini penuh dengan aspek-aspek Multi Dimensional yang memberi arah bagi kehidupan umat sepanjang jaman. Dimana Hasil utama perjalanan Nabi Muhammad SAW menghadap Allah SWT, adalah perintah Allah kepada umat Islam untuk melaksanakan shalat lima waktu sebagai kewajiban ummat Islam untuk berbhakti kepada Allah SWT yang menuntut kita untuk secara konsekuen mengamalkannya agar terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Oleh karena itu kegiatan ini, juga merupakan salah satu dan nilai tambah, khususnya bagi kita akan pengenalan dan kecintaan kita terhadap Islam yang sebenarnya, dalam upaya mempertebal iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Hadirin Muslimin dan Muslimat yang berbahagia, Usaha mewujudkan suatu cita –cita luhur dalam menjadikan suatu masyarakat adil dalam kemakmuran makmur dalam keadilan menciptakan masyarakat yang madani bukanlah mudah, banyak tantangan dan hambatan. Serta memerlukan waktu dan kerja keras disamping itu perlunya dukungan dari seluruh element masyarakat dalam mewujudkan cita cita ini . Setiap tantangan dan hambatan harus kita hadapi dengan kerja keras, kerja yang cerdas dan kerja yang iklas. dengan sungguh-sungguh serius dalam menjalankan kehidupan ini sesuai perintah agama kita. Kesabaran akan membuat kita mampu untuk mengendalikan diri dari perbuatan tergesa-gesa dan tanpa perhitungan. Dengan memiliki sifat-sifat seperti diatas kita tidak akan pernah berhenti berjuang dan berusaha untuk mengatasi keadaan. dengan keyakinan yang kuat, bahwa perjuangan dan usaha itu betapa pun sulitnya suatu saat pasti akan berhasil. dimana Allah SWT telah berjanji bahwa Dia akan membukakan jalan bagi setiap orang yang sungguh-sungguh berjuang dan berusaha untuk mengatasi setiap persoalan yang dihadapinya. Hendaknya Kaum Muslimin tidak akan pernah berputus asa dalam mengharapkan keridhoan Allah SWT. Hadirin yang saya muliakan, Jika saja setiap umat Islam di negeri kita meneladani peristiwa Isra Mi’raj termasuk kita yang hadir pada hari ini, saya yakin masalah-masalah besar yang dihadapi bangsa dan negara kita akan dapat kita atasi secara bersama. Melalui momentum peringatan Isra Mi`raj, Kita semua yang hadir ditempat ini meyakini bahwa Islam yang dibawakan Nabi Muhammad SAW, adalah agama yang mampu membentengi sekaligus memberikan ketahanan mental spritual, sehingga kita tidak cepat putus asa, menghadapi situasi yang sangat pahit sekalipun, dan tidak pula cepat lupa daratan, akibat situasi yang menyenangkan sehingga implikasi dari semua aspek kehidupan apa yang Rasulullah jalani dan ajarkan kepada kita semua betul betul rahmatan lil` alamin Untuk itu Mari bersatu padu dalam mengisi pembangunan yang berpihak pada wujudnya masyarakat adil dalam kemakmuran makmur dalam berkedilan di Bumi Paguntaka, yang pada gilirannya akan menumbuhkan masyarakat yang madani. Saya yakin dengan landasan iman, kesungguhan dan komitmen yang tinggi dari kita semua serta partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat maka masyarakat adil dan makmur, sejahtera moril maupun spiritual yang kita cita-citakan bersama akan semakin nyata. Hadirin kaum muslimn dan muslimat yang dirahmati Allah SWT Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan ini, Marilah kita dengarkan Hikmah Isra Miraj yang akan dibawakan oleh Penceramah dengan khusu dan seksama semoga dengan hikmah yang di bawakan nanti akan menambah ilmu kita akan kebesaran Allah SWT, serta akan membawa perubahan dalam diri kita sehingga hidup kita menjadi lebih berarti bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara dengan harapan agar kita dapat mencapai akhir hidup yang baik atau khusnul khatimah. Tak lupa pula Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pengurus kerukunan keluarga Pedangang Pasar boom Panjang serta semua pihak, sehingga acara ini dapat berlangsung dengan baik dalam peringatan Isra Mi’raj ini, semoga Allah senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-Nya kepada kita sekalian. Amin Yarabbal Alamin. Wassalamu’alaikum wr. wb. Sekian dan Terima kasih

yusuf said:

temen2 aq minta tolong donk..klo ada yang bisa ato punya arti lirik manuk dadali dishare ke aq donk...aq lagi butuh banget nih...buat TA..makasih
I LOP YU PULL

Richard Dachi said:

Hii..
yg lagi Ol..
bantuin gw dunkz...
tlong terjemahin ke bahasa sunda kalimat ni..
bisa kan??
jawbannya secepatnya yach,,gw tunggu..

"CUMA U YG ADA DIHATIKU...GAK ADA YANG LAIN..
AKU SYANG MA U"

Evi said:

abdi teh urang jawa tp suka dgn buday sunda...mau tanya artina...."aku ingin kamu pergi, aku sangat merindukanmu aku tak bisa melupakanmu" Please tolong ya artikan nie....

Dedi said:

aku sangat merindukanmu aku ta bisa melupakanmu = kuring sono pisan ka anjen, kuring moal ngahilapkeun anjen

nichi said:

hahahahaha...teuing...lieurrr ueyyyyy... :p

miceal said:

Teman2.. tolong artiin ini donk..
" deuh nu tereh nukah"
dan kemungkinan2 arti lain klo aja tulisan nya salah...

tq..tq...tq....

tutun said:

selamat dan sukses
semoga jaya selalu

minta tolong dong buat yang tau..., diartikan dalam bahasa sunda... terima kasih...

shirochuza said:

tolomg artikan ini ya tpi aslinya banyak tpiu aku kasihan jadi dikit aja wes:
kepada yang terhormat pengasuh pondok pesantren yang kami to'ati,kepad jajaran kepengurusan yang kami hormati, kepada teman2ku yang kami banggakan.
pertama tama marilah kita hateurkan kepadza kehadirat illahi robby yang mana allah telah memberi kita rahmat nikmat taufiq hidayahnyx kepad akita sekalian sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal afiyat.
kedua kalinya sholawat beseta salam
somaga tetap tercurahkan kepada jujunjungan kita nabi besarSAW yang mana beliau telah menuntun kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang yakni risalah agam islam.

marsella said:

maaf ya tlong dong artiin.....
soalnya tmn aq ga ngerti......
tlong ya artiin:
*tinema artinya?????
*bimangkit artinya????
*bumela artinya???
*sumujud artinya???
udh itu aja tlong ya!!!!!
txs...

Iboy said:

dupi bahasa Sunda buhun na gambar atanapi grafis...atanapi sesuatu anu berhubungan sareng relief bergambar teh naon???hatur nuhun...

alifa said:

mnt tolong dunk bhs snd'y atas kerjasama baik bapak/ibu

Risa said:

maaf ya banyak bgt ..
Narkoba
Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahaya. Selain "narkoba", istilah lain yang diperkenalkan khususnya oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia adalah Napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif.

Semua istilah ini, baik "narkoba" atau napza, mengacu pada sekelompok zat yang umumnya mempunyai risiko kecanduan bagi penggunanya. Menurut pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioparasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. Namun kini presepsi itu disalah gunakan akibat pemakaian yang telah diluar batas dosis.
Daftar isi

Penyebaran

Hingga kini penyebaran narkoba sudah hampir tak bisa dicegah. Mengingat hampir seluruh penduduk dunia dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya saja dari bandar narkoba yang senang mencari mangsa didaerah sekolah, diskotik, tempat pelacuran, dan tempat-tempat perkumpulan genk. Tentu saja hal ini bisa membuat para orang tua, ormas,pemerintah khawatir akan penyebaran narkoba yang begitu meraja rela. Upaya pemberantas narkoba pun sudah sering dilakukan namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak-anak usia SD dan SMP pun banyak yang terjerumus narkoba. Hingga saat ini upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan Narkoba pada anak-anak yaitu dari pendidikan keluarga. Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya untuk selalu menjauhi Narkoba.

Jenis

* Heroin atau diamorfin (INN) adalah sejenis opioid alkaloid.

Heroin adalah derivatif 3.6-diasetil dari morfin (karena itulah namanya adalah diasetilmorfin) dan disintesiskan darinya melalui asetilasi. Bentuk kristal putihnya umumnya adalah garam hidroklorida, diamorfin hidroklorida. Heroin dapat menyebabkan kecanduan.

* Ganja (Cannabis sativa syn. Cannabis indica) adalah tumbuhan budidaya penghasil serat, namun lebih dikenal karena kandungan zat narkotika pada bijinya, tetrahidrokanabinol (THC, tetra-hydro-cannabinol) yang dapat membuat pemakainya mengalami euforia (rasa senang yang berkepanjangan tanpa sebab).

Ganja menjadi simbol budaya hippies yang pernah populer di Amerika Serikat. Hal ini biasanya dilambangkan dengan daun ganja yang berbentuk khas. Selain itu ganja dan opium juga didengungkan sebagai simbol perlawanan terhadap arus globalisme yang dipaksakan negara kapitalis terhadap negara berkembang. Di India, sebagian Sadhu yang menyembah dewa Shiva menggunakan produk derivatif ganja untuk melakukan ritual penyembahan dengan cara menghisap Hashish melalui pipa Chilam/Chillum, dan dengan meminum Bhang.

eneng said:

banyak: loba/seueur
selamat malam:wilujeng wengi,
goreng: jelek

dya said:

uiiiiiiiiiii...
bNtuin nYari sejarah karawng dLm bHsa sUnda donK...
pLizzzzzzzzz :'(

nicko said:

tolong buatin pidato bahasa sunda tentang kebersihan lingkungan plisssssss

latfi said:

Apa erti

ngke ngumpulkeun heula uangna.da teu cukup 10 juta gening pulang teh.

dediefendi said:

aduh kata-katana tong dicampuradukeun
^_^

Aroy said:

sing saha jalma nu enyaan,gandang niatan nu panceg kana basa sunda,sumangga diantos ku simkuring.upami aya waktos,simkuring baris ngawaler sadaya patarosan......sumangga....

whisnu said:

punten saya pengen tau ini artinya apa ya?
"Asa kagagas pacampur atoh nu tan wates wangen rehna masih seueur,hususna para guru nonoman,nu mikanyaah mikadeudeuh basa indung kareueus urabg sadaya,BASA SUNDA.Bral dijurung laku mugia hasil maksud."

sutrisno adelia said:

maaf saya mau tanya artinya:saya mohon jagalah cintaku dan kepercayaan yang kuberikan untukmu....terimakasih.

sim kuring kalintang bingahna, rehna maos sababaraha catetan diluhur, kalintang seueurna nonoman sunda atanapi ti luareun sunda anu mileuheung kana basa sunda, prak ah, urang mumule ieu basa indung urang, ulah dugi ka urang sunda leungiteun jati dirina, urang sunda leungiteun pamorna. Sakali deui sim kuring ngadugikeun pangbagea,Hatur nuhun.

decklyn said:

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang
Meuber keunjangjangna bangun taya karingrang
Kukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk

Saha anubisa nyusul kana tandangna
Gandang jeung partentang taya bandingan nana
Dipika gimir dipika serab kusasama
Taya karempan kasieun leber wawanenna

Manuk dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti Indonesia jaya
Manuk dadali pangka koncarana
Resep ngahiji rukun sakabehna

Hirup sauyunan tata pahiri-hiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali gandung siloka sinatria
Keur sakumna bangsa dinagara Indonesia

tolong translate lagu ini dong!

fdb said:

baturan urang geusss wae baturan dia oge artinya apaan yak?

sakir said:

nutuh panuhun nebang panjembar kana rojongan pikeun nanjeurkeun basa sunda. heueheue.
yua ach generasi muda urang kawitan ngamumulembudaya sunda. hehehehehehe

anita said:

tolong dong diartikan bahasa sunda nya selamat ulah tahun

axel said:

artinya ladu apa?

el said:

kalo bhasa sunda nya "aku pengen kamu disini" apa ya?

el said:

plisssssssssssssssssssssssss arti'in

ANDRE said:

R. Oto Iskandar Di Nata

Dalam sebuah sidang Voksraad tahun 1931 dengan bahasa pengantar Bahasa Belanda.
R. Oto Iskandar Di Nata: “… contohnya, sewaktu Ratu Wilhelmina ulang tahun pada tanggal 31 Agustus yang harus dirayakan di seluruh penjuru negeri. Para pengrehpraja sibuk mengumpulkan biaya perayaan dengan memotong gaji pegawai dan memungut iuran dari rakyat yang miskin. Katanya iuran itu sukarela, padahal merupakan pemaksaan. Mereka menurut karena takut. Maka uang itu tidak halal; pesta perayaannya juga tidak halal. Katanya Ratu itu ibu rakyat, bila dipestakan dengan cara begitu sama saja dengan merendahkan derajatnya. Tanda penghormatan itu hanya kemunafikan.”
Ketua Sidang: “Ucapan-ucapan itu sangat tidak pantas!”
R. Oto Iskandar Di Nata: “Memang tidak baik, tetapi Tuan Ketua, itu karena pesta itu merugikan pendidikan rakyat. Pesta-pesta hanya dipergunakan untuk meraih kedudukan. Saya yakin kalau Ratu mengetahui hal ini, beliau tidak akan mau dihormati dengan cara begitu. Bahkan mungkin marah!”
Tuan Frain: “Saudara buruk sangka, kepada rakyat Saudara sendiri!”
R. Oto Iskandar Di Nata: “Salah susunan!”
Tuan Monod de Froideville: “Biasa, menyalahkan orang lain!”
R. Oto Iskandar Di Nata: “Tentu, Lihat saja, berapa banyak rakyat Indonesia tidak mendapatkan pengajaran di sekolah!”
Tuan Hamer: “Bayar sekolah sendiri!”
R. Oto Iskandar Di Nata: “Itu urusan negara!”
Tuan Hamer: “Itu perkiraan Saudara saja!”
R. Oto Iskandar Di Nata: “Pendidikan yang ada sekarang hanya sebagai klerek pabrik dan jurutulis. Para pangrehpraja berperilaku sebagai penjilat, karena salah mendidik!”
Itulah sekelumit keberanian Raden Oto Iskandar Di Nata yang terlahir di Bojongsoang, Bandung, 31 Maret 1897, kritikannya yang pedas dan suaranya yang keras membuat ia dijuluki Si Jalak Harupat, ayam jago yang keras dan tajam menghantam lawan, kencang berkokok dan selalu menang jika diadu. Julukan ini dilontarkan oleh Wirasendjaja, guru HIS Cianjur, kakak Soetisna Sendjaja, pemimpin redaksi pertama surat kabar Sipatahoenan.
Almarhum Raden Oto Iskandar Di Nata meninggal dan tidak pernah ditemukan jasadnya, ia diculik pada tanggal 31 Oktober 1945 dan menulis surat terakhir di tanggal yang sama untuk istri dan sebelas orang anak-anaknya. Menjelang akhir Desember 1945 terdengar berita bahwa Oto diculik oleh Laskar Hitam di Pantai Mauk, Tangerang.
Bermula dari aktifnya sebagai guru HIS dan aktif di partai Boedi Oetomo Pekalongan, Oto membongkar kasus Bendungan Kemuning yang menyelamatkan rakyat dari penipuan pengusaha Belanda, hingga akhirnya ia dipindahkan ke Batavia. Di Jakarta ia kemudian aktif dan menjadi pimpinan Pagoejoeban Pasoendan pada tahun 1929, sebuah organisasi dan partai yang tidak hanya untuk orang Sunda, ketua pertamanya sewaktu didirikan tahun 1913 adalah orang Bugis, Daeng Kandoeroean Ardiwinata. Semenjak dipimpin oleh Oto Pagoejoeban Pasoendan mengalami perkembangan pesat dalam bidang politik, pendidikan, budaya, ekonomi serta pemberdayaan istri. Tahun 1931 Oto duduk di dewan rakyat Volksraad sebagai utusan dari Pagoejoeban Pasoendan.
Tahun 1942 Oto aktif memimpin surat kabar Sipatahoenan yang menjadi corong Pagoejoeban Pasoendan, kemudian memimpin surat kabar Tjahaja selama pendudukan Jepang. Oto mengambil sikap kooperatif selama masa pendudukan hingga kemerdekaan, yang juga membuat beberapa sahabatnya heran dengan sikap Oto yang biasanya frontal sesuai dengan julukan Si Jalak Harupat.
Ada pendapat bahwa Oto dianggap kolaborator Jepang hingga ia diculik oleh Laskar Hitam, saat itu Oto yang menjabat Menteri Negara mengambil sikap kooperatif dalam revolusi yang terjadi setelah proklamasi, terutama pada saat Sekutu masuk Bandung pada bulan September 1945. Melalui diplomasi Sekutu gagal menguasai Bandung, hingga bulan Maret Sekutu membuat ultimatum kepada Republik, namun dijawab dengan pengungsian dan pembakaran kota Bandung oleh tentara dan rakyat, yang dikenal sebagai Bandung Lautan Api.
Selain Oto korban penculikan saat itu –entah oleh siapa– adalah Residen Priangan Poerdiredja, Walikota Bandung Oekar Bratakoesoemah dan Niti Soemantre Ketua KNI Karesidenan Priangan.

mulia said:

saya org manado tp seneeeeeeng bgt sm org sunda n pgn bljr bhsa sunda,....tolong dunk di translate: "aku seneng bgt sm org sunda,& smua ttg sunda, kl bs aku ingin punya jodoh org sunda"

hi,nice shirt in your post,I love thatelegantshirt,I need to find one for me,bill

hi,damn good shirt in your post,I love thatdamn goodshirt,I need to find one for me,bill

hi,damn good shirt in your post,I love thatniceshirt,I need to find one for me,bill

mulyana said:

ngahaturkeun sewu nuhun kaurang sunda nu parantos ngamumule bahasa sunda,,,, sunda teh seueur pisan senina,,seueur elumna,, komo deui sunda buhun pribados oge sanaos urang sunda teu pati teuing ngertos,,, mung hoyong ngiring naroskeun,,,, pami sunda teh bahasa na orang mana wae,,,, hatur nuhun wasalam ndoen pribados

monalizza said:

punteun sadayana,,,..

ada yang bisa ngartiin lagu MANUK DADALI ke Bahasa Indonesia gak??? perlu banget nieh.... secepatnya yahhh....


Nuhun... ^___^

tian said:

saya mnta tlong B.Sundain apa B.Sundanya lontong

Ariq Zuhdi said:

Aku ingin belajar Bahasa Sunda, tolong ajarin ya!

bade tumaros ka salira, dupi heuay lemes na naon.........

erafaldo said:

mnta lebih detail lg donk bahasa sunda nya..klw bisa dalm mnulis sesuatu d bawah nya dbuat bahasa indonesia nya....nuhun

refk said:

ku naon atuh pake teu bgarti uit teu jaman atuh euy abdi mah asli sunda!

cookie said:

lagu shakira (worldcup2010) mun jadi basa sunda asa aneh garilla..

"saha namina e.. e.."
"ulah waka ..e ..e"

mizz dee said:

kalo bahasa sundanya : "maksudnya saya?"

Affandi said:

aKuh tLong aRti'kn k'bHs Sunda dOnk Kta" ne . . . .

Hanya diperlukan waktu semenit untuk menafsir seseorang, sejam untuk menyukai seseorang dan
sehari untuk mencintai seseorang, tetapi diperlukan waktu seumur hidup untuk melupakan seseorang.

Achmad said:

aKuh tLong aRti'kn k'bHs Sunda dOnk Kta" ne . .


sungguh tak bisa . . .

ku mengganti dirimu dengan dirinya . . .

sungguh tak sanggup . . .
aku berpaling darimu . . .

sungguh tak bisa . . .

mencintainya tuk melupakanmu . . .

sungguh tak sanggup . . . . . .

aku berpindah dari hatimu . . . . . .

Boedi Rahardjo said:

minta tolong bahasa sundanya terdengar

fitri said:

bahasa sundanya terdengar apayahh???

aRi said:

Ka kuping

Aep said:

Punten bade tumaros, Upami hartosna "cucud", misalna "cucud pagawean" hartosna naon nya?

alya said:

minta tolong dong ..
lirik lagu manuk dadali itu apa sih ??
kalau bisa ciri-ciri lagu manuk dadali
makasih ..

dino said:

minta tolong dong
tolong ke bahasa sunda kan ya ..

meberkeun jangjangna tarik taya karingrang..

sama

manuk dadali pangkakoncarana resep ngahiji rukun sakabehna

tolong di jawab ya ..
saya juga setuju tuh sama comentnya alya

maaf , jawabannya di mana ya ??
makasih . .

alya said:

maksud saya arti dari lagu manuk dadalinya

saya ada tugas ,,
suruh buat ciri-ciri lagu manuk dadali
tapi saya tdk ngerti artinya

tolong ya

azskia said:

tlong bahasa sundanya sungguh kau orang yang sempurna yang pernah ada dalam hatiku....tp hatimu juga dimiliki orang lain yang sah...

azskia meliyandra putri said:

aku syg kamu....aku sangat mencintaimu meskipun aku sadar aku adalah orang kedua dalam hidupmu,,,

aku syg kamu....aku sangat mencintaimu meskipun aku sadar aku adalah orang kedua dalam hidupmu,,,

batman said:

kuring nyaah manéh. kuring pohara mitresna anjeun sanajan kuring sadar kuring nyaéta jelema kadua dina hirup anjeun

batman said:

éstuning kau jelema anu sampurna anu kungsi aya dina haté kuring. tapi haté anjeun ogé dipiboga batur anu sah


indonesia-sunda
http://tarjamah.sabilulungan.org

rias said:

tolong artiin lagu manuk dadali ia ??
soalnya ada tugas nih??

ucy said:

tolong artiin dong..
teman ak mggil ak kabodot. artiny apasih?
trus "ka kaler mah aduh katojo bolat" arti ny apa?
mkasii yah.. :)

olla :) said:

bahasa sunda nya ini nih , buat tugas .. PENTING , tolong yah :) thanks before .

olla :) said:

lupa ! ketinggalan , nih ..

Salam sejahtera bagi kita semua,
Teman teman yang kami hormati ,
Pada kesempatan yang membahagiakan dan insya Allah penuh berkah ini, marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, atas perkenan rahmat dan rido-Nya, kita masih diberi semangat, kekuatan dan kesehatan untuk menghadiri pertemuan kita hari ini.
Teman-teman dan guru-guru yang saya sayangi,
Saya mendapat kehormatan pada hari ini, untuk ikut menyumbangkan pikiran, pendapat dan gagasan saya sebagai bagian dari dialog global warming sekolah kita .
Pada kesempatan yang baik ini, saya mengajak seluruh teman-teman dan guru untuk sejenak memikirkan dan mempedulikan keadaan bumi pertiwi kita yang saat ini sedang dilanda masalah.
Global warming bukanlah hal yang baru lagi. Hal tersebut sudah menjadi topik-topik pembicaraan dan konflik di khalayak umum. Namun hanya segelintir manusia yang benar-benar sadar dan peduli akan akibat pemanasan global ini. Pemanasan global dapat menyebabkan tenggelamnya pulau-pulau, perubahan iklim secara ekstrim, perubahan sikulasi populasi laut dan perubahan pola penyakit.
Namun hal tersebut bisa kita hindari. Penyebab utama pemanasan global adalah manusia, maka manusia pasti bisa menghentikannya. Dengan cara menghemat energi dan melestarikan pohon adalah salah satu caranya. Kita bisa memulai hal ini dengan menghemat penggunaan kertas dan plastik.
Oleh karena itu, demi keselamatan kita bersama marilah kita mulai turut berpartisipasi dalam gerakan-gerakan global warming ataupun mulai dari diri kita sendiri.
Maka dari itu ,Saya sangat mengharapkan pidato ini daat menggugah teman-teman untuk selalu menjaga alam yang kita gunakan bersama-sama ini.Semoga keturunan-keturunan kita di masa depan masih dapat menikmati bumi kita ini.
Atas segala pengertian dan dukungan teman-teman dan guru-guru saya ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Mari kita jaga dan rawat bumi ini sebaik-baiknya.


TOLONG yah , PENTING ..
thanks before :)

adit said:

Hoyong uih tapi, teu gaduh acis, kamana nya milari acis anu ageung." mas mau tnya... nie apa artinya.. maksih..

ssjenar said:

pengen pulang, tapi nggak punya uang, kemana ya nyari uang yang gede.

ssjenar said:

pengen pulang, tapi nggak punya uang, kemana ya nyari uang yang gede.

ssjenar said:

pengen pulang, tapi nggak punya uang, kemana ya nyari uang yang gede.

priyo said:

tolong artiin k bahasa sunda yah gan..............

Pada tahun 1998, suku Sunda berjumlah kurang lebih 33 juta jiwa, kebanyakan dari mereka hidup di Jawa Barat dan sekitar 1 juta jiwa hidup di provinsi lain. Dari antara mereka, penduduk kota mencapai 34,51%, suatu jumlah yang cukup berarti yang dapat dijangkau dengan berbagai media. Kendatipun demikian, suku Sunda adalah salah satu kelompok orang yang paling kurang dikenal di dunia. Nama mereka sering dianggap sebagai orang Sudan di Afrika dan salah dieja dalam ensiklopedia. Beberapa koreksi ejaan dalam komputer juga mengubahnya menjadi Sudanese (dalam bahasa Inggris).

Sejarah singkat pra-abad 20 ini dimaksudkan untuk memperkenalkan orang Sunda di Jawa Barat kepada kita yang melayani di Indonesia. Pada abad ini, sejarah mereka telah terjalin melalui bangkitnya nasionalisme Indonesia yang akhirnya menjadi Indonesia modern.

deny said:

kaajeng apa artinya

I really like the colors here on your blog. did you design this yourself or did you outsource it to a professional?

Interesting layout on your blog. I really enjoyed reading it and also I will be back to read more in the future.

Nice blog here! Also your website loads up fast! What host are you using? I wish my website loaded up as fast as yours lol

yanwar said:

tolong donk criin dongeng yang bhsa'a sunda plissss
q tunggu skrng oke soal'a q b,sudda d sruh cri dngegng b.sundA tolong crii donk

Leave a comment

About this Entry

This page contains a single entry by enda published on January 25, 2005 1:44 PM.

10 Things Archives was the previous entry in this blog.

I Stole Brad Pitt T-Shirt is the next entry in this blog.

Find recent content on the main index or look in the archives to find all content.

Join My Community at MyBloglog!
 
Powered by Movable Type 4.01